10 Gejala Utama Hamil Minggu Pertama Yang Mudah Diketahui

Gejala hamil di minggu pertama yang mudah untuk diketahui bisa dirasakan dari 10 gejala utama. Salah satunya adalah tajamnya indra penciuman 

Sebenarnya dipercaya wanita hamil memiliki ciri-ciri atau gejala yang dapat diketahui secara kasat mata. Hal tersebut bisa diamati melalui perilaku maupun perubahan fisik yang terjadi padanya. Secara umum, ciri-ciri fisik gejala hamil pada seorang wanita bisa mulai dilihat sejak masa kehamilan di minggu pertama maupun 2 minggu. Sedangkan di usia 3 minggu gejala hamilnya akan semakin terlihat lalu puncak gejala hamil bisa benar-benar diketahui dengan jelas ketika sudah berumur satu bulan.

Terdapat 10 gejala utama pada minggu pertama seorang wanita berciri hamil yang mudah untuk diketahui. Berikut 10 gejala hamil yang mudah diketahui pada seorang wanita:

1. Sering kencing
Kondisi semacam ini bisa pula menjadi ciri kehamilan wanita dimana memang tubuh menghasilkan cairan secara ekstra. Hasil dari cairan yang ekstra tersebut membuat kantung kemih bekerja dengan semakin lebih keras sehingga wanita hamil muda cenderung selalu merasa ingin kencing begitu sering.

2. Kelelahan
Wanita yang sedang mengalami gejala hamil cenderung merasa lelah begitu cepat. Hal tersebut merupakan respon dari terjadinya peningkatan hormon pada tubuh. Umumnya, gejala kekelahan pada wanita hamil akan terjadi hingga masa kehamilan tri semester pertama.

3. Payudara bengkak
Inilah salah satu perubahan fisik yang dapat diamati dari seorang wanita yang sedang hamil. Payudara terasa lebih lembut dari sebelumnya sedangkan warna aerolanya akan semakin gelap terlihat secara kasat mata. Disamping itu, timbulnya guratan darah adalah sebuah tanda dari awal kehamilan.

4. Mual dan muntah
Gejala hamil mual saja atau mual disertai muntah hampir dialami oleh keseluruhan wanita yang sedang dalam masa hamil muda bahkan saat mulai seminggu masa kehamilan.

5. Nafas pendek
Aneka kegiatan yang dilakukan akan senantiasa terasa lebih berat tidak seperti
biasanya. Seringkali wanita hamil muda ini terengah-engah karena nafasnya yang pendek meski hanya melakukan pekerjaan ringan atau berolahraga ringan. Timbulnya nafas pendek tersebut merupakan efek dimana janin yang mulai tumbuh membutuhkan oksigen dan hal itu membuat jatah oksigen ibunya semakin berkurang.

6. Penciuman tajam
Banyak wanita hamil muda yang yang indra penciumannya menjadi lebih sensitif dan tajam. Hal tersebut terkadang menjadikan wanita sering mual dan muntah saat mencium sesuatu yang menyengat hidung atau yang tidak disukainya.

7. Kembung dan sembelit
Saat memasuki masa kehamilan, hormon progesteron wanita akan semakin meningkat. Peningkatan tersebut mengakibatkan melambatnya sistem pencernaan sehingga akan cenderung sulit buang air besar serta perut lebih sering terasa kembung.

8. Sakit kepala
Stak sedikit wanita hamil muda yang sering merasakan sakit kepala meski sebagian kecil diantaranya tidak merasakannya. Timbulnya sakit kepala tersebut disebabkan oleh adanya perubahan hormon. Saat dalam kondisi seperti ini, seorang wanita harus berhati-hati memilih jenis obat pereda nyeri sakit kepala untuk dikonsumsi karena wanita yang sedang hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat kecuali atas petunjuk dokter.

9. Mood yang sensitif
Sensitif menjadikan emosi kurang stabil dimana terjadinya perubahan emosi tersebut diakibatkan oleh perubahan hormon oleh karena tubuh sedang melakukan adaptasi pada kehadiran hormon yang baru. Wanita yang sedang dalam gejala hamil lebih rawan memiliki mood yang tidak bagus.

10. Perut kram
Kram di perut adalah pertanda melebarnya rahim wanita. Melebarnya rahim adalah untuk menyiapkan tempat bagi tumbuh kembang calon bayinya.

Itulah 10 gejala hamil utama di minggu pertama yang mudah untuk diketahui. Agar anda semakin yakin, lakukan tes dan periksa ke bidan atau dokter kandungan.

(sukahise)

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Gejala Utama Hamil Minggu Pertama Yang Mudah Diketahui"

Posting Komentar