10 Kondisi Ini Dapat Menyebabkan Rambut Rontok

"Banyak juga orang yang mengalami rambut rontok yang luar biasa, pada umumnya mereka sadar saat mandi atau rambut yang tersangkut saat menyisir. Hal ini bisa terjadi jika seseorang mengalami beberapa kondisi seperti berikut."


Pada dasarnya setiap orang akan mengalami rambut rontok setiap harinya, namun hal ini tidak akan menyebabkan kebotakan, sebab hanya 50 – 100 helai rambut setiap harinya. Sementara di kulit kepala kita terdapat lebih dari 100.000 helai rambut dan rambut yang terus tumbuh bersamaan dengan kerontokan rambut.

Banyak juga orang yang mengalami kerontokan rambut yang luar biasa, pada umumnya mereka sadar saat mandi atau rambut yang tersangkut saat menyisir. Hal ini bisa terjadi jika seseorang mengalami beberapa kondisi seperti berikut.

Keturunan (Genetic)
Masalah rambut rontok yang berasal dari genetic sudah menjadi umum, biasanya hal ini diturunkan langsung dari orang tua. Meski pada umumnya gejala ini muncul saat usia mencapai 40 – 50 tahun, namun tidak jarang yang sudah mengalami androgenetic alopecia di usia 20 tahunan.
Kalian bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi obat penumbuh rambut, namun bagi wanita dosisinya harus di perkecil, terlebih untuk ibu yang sedang hamil. Maka masalah rambut rontok dari genetic bisa teratasi.

Stress
Kerontokan rambut yang disebabkan karena stress biasa di sebut telogen effluvium, merupakan gejala kerontokan yang bersifat sementara. Setiap kejadian fisik, penyakit, tekanan emosional sampai tekanan dalam pekerjaan dapat memicu rontoknya rambut dalam jumlah besar.
Rambut umumnya mengalami 3 fase penting yaitu pertumbuhan, break dan rontoknya rambut. Namun keadaan stress berat pada seseorang, membuat proses kerontokan menjadi lebih cepat. Hal ini bisa kita lihat dari rambut yang rontok dari akarnya, dimana terdapat kantung lonjong pada rambut rontok.

Kurang Vitamin B
Kerontokan rambut karena kekurangan vitamin B memang jarang ditemui, pasalnya untuk mengatasi masalah ini sangat mudah. Taman-taman cukup mengkonsumsi supplement vitamin B dan memilih menu makanan yang mengandung vitamin B yang tinggi.

Anemia (Darah Rendah)
Penyakit anemia umumnya terjadi pada wanita setelah memasuki usia 20 – 50 tahun, hal ini biasa terjadi jika mengalami menstruasi hebat atau kekurangan konsumsi zat besi. Anemia yang disebabkan kekurangan zat besi ini bisa memicu rambut rontok yang hebat.

Autoimun
Penyakit autoimun biasa di kenal dengan nama alopecia areata, di mana system kekebalan tubuh menyerang folikel rambut, karena menganggap benda asing yang berbahaya. Penyakit ini biasa menyerang pria atau wanita, menurut ilmuan salah satu penyebab penyakit ini yaitu stress berat.

Kelenjar Tiroid
Terdapat 2 gangguan tiroid yaitu hypotiroidisme dan hypertiroidisme, keduanya dapat membuat rambut rontok. Hal ini biasa ditandai naiknya berat badan tanpa alasan atau sulit berkonsentrasi, jika kalian mengalami gejala seperti ini sebaiknya segera konsultasi kepada dokter untuk mengatasinya.

Kulit Kepala Tidak Sehat
Kulit kepala yang tidak sehat bisa menimbulkan psoriasis, dermatitis seboroik dan infeksi jamur. Semua penyakit ini bisa menimbulkan peradangan kulit kepala, sehingga menjadi kendala rambut untuk tumbuh dan membuat rambut rontok.

Trichotillomania
Trichotillomania merupakan kebiasaan seseorang yang terus menerus mencabut rambutnya, sehingga membuat kulit kepala menjadi iritasi dan membuat rambut rontok. Gejala ini bisa kepada pria atau wanita.

PCOS (Polycystic ovary syndrome)
PCOS merupakan situasi hormon seks pria dan wanita yang tidak seimbang, hal ini dapat memicu kista, diabetes, sirkulasi menstruasi dan rambut rontok. Salah satu cara untuk mengatasinya, dengan mengkonsumsi pil kontrasepsi.

Kurang Protein
Jika tubuh mengalami kekurangan protein, maka system tubuh akan mengambil protein dari folikel rambut. Hal ini bisa membuat rambut rontok dan membuat rambut berhenti tumbuh. Hal ini bisa kita lihat setelah 2 – 3 bulan selama kekurangan protein. (sukahise)


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Kondisi Ini Dapat Menyebabkan Rambut Rontok"

Posting Komentar