10 Rasa Sakit pada Perut Ini Tidak Boleh Kamu Abaikan

Ada sedikitnya 10 rasa sakit pada perut yang tidak boleh diabaikan. Hal itu karena bisa jadi rasa sakit yang dirasakan merupakan tanda serangan penyakit tertentu. Berikut informasinya.
Ilustrasi Sakit Perut
Sakit perut terkadang memang sering disepelekan, padahal bisa jadi sakit perut adalah gejala dari penyakit tertentu. Karenanya, jangan sepelekan jika anda merasakan sakit perut agar tidak menimbulkan akibat yang fatal. Inilah beberapa gejala sakit perut yang bisa jadi merupakan sebuah penyakit tertentu:

1. Nyeri pada bawah dan sekitar pusar disertai gas
Hal yang menyebabkan kondisi tersebut dimungkinkan adalah adanya perut kembung atau konstipasi. Konstipasi yang dikenal dengan istilah sembelit disebabkan oleh tinja yang mengeras secara berlebih sehingga sulit utnuk dikeluarkan kemudian menyebabkan rasa sakit perut tersebut.

2. Rasa terbakar dibawah tulang dada terlebih sesudah makan
Rasa tersebut dimungkinkan penyebabnya adalah mulas atau refluks asam. Untuk mengatasi rasa tersebut, beli obat yang cocok di apoteker dengan menanyakan pada apoteker dan hindari mengkonsumsi porsi besar makanan berminyak. Bila rasa tersebut tak kunjung hilang sampai berminggu-minggu maka segera hubungi dokter.

3. Mual, muntah, demam dan nafsu makan menghilang dengan nyeri di sekitar pusar secara mendadak
Hal yang memungkinkan rasa sakit perut tersebut adalah apendistis atau penyakit radang usus buntu. Dalam kondisi seperti itu, biasanya disertai pula dengan tekanan di usus atau otot-otot perut yang kaku. Penyakit radang usus buntu segera harus memperoleh penanganan cepat dengan cepat. Kekakuan otot di perut adalah sebuah tanda mulai menyebarnya infeksi.

4. Rasa nyeri secara mendadak tepat dibawah pusar lalu menjalar menuju kedua sisi pusar
Hal yang menyebabkan kemungkinan dari gejala ini adalah gangguan di usus, penyakit radang panggul atau bisa juga karena infeksi saluran kemih. Bila rasa itu terus bertambah, cepat hubungi dokter untuk dilakukan tes diagnostik dan memperoleh pertolongan secara medis sesegera mungkin.

5. Rasa nyeri secara tiba-tiba di perut sisi kanan lalu menyebar di bagian lain mulai dari punggung atau perut
Penyebab kondisi tersebut bisa dari peradangan kandung empedu atau bisa pula dari batu empedu. Bila terus menerus rasa sakit tersebut terasa bahkan semakin memburuk terutama sesudah mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak maaka segera bawa dan periksakan ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut.

6. Rasa sakit perut dengan nyeri tiba-tiba pada perut kiri bawah disertai muntah, mual dan demam
Hal tersebut kemungkinan dikarenakan oleh adanya penyakit diverticulitis, kolitis, crohn atau bisa juga masalah lain di usus besar. Untuk mengatasi hal ini biasanya dokter menyarankan untuk melakukan pengobatan jangka panjang.

7. Rasa nyeri tiba-tiba di bagian bawah tulang rusuk lalu menjalar menuju pangkal paha
Kemungkinan dari gejala itu adalah batu ginjal. Nah, bila disertai dengan gejala demam maka bisa dimungkinkan sebagai gejala kandung kemih atau infeksi ginjal. Langkah yang perlu anda ambil adalah memperbanyak asupan air minum dan hubungi dokter segera.

8. Rasa sakit perut dengan nyeri tiba-tiba disertai diare yang ebrdarah, muntah darah atau darah dalam tinja
Kemungkinan hal itu disebabkan oleh penyumbatan yang terjadi di usus, pendarahan di usus atau usus buntu berlubang. Kondisi tersebut adalah gejala pendarahan internal. Oleh sebab itu, harus ditolong secepat mungkin oleh langkah medis.

9. Sakit perut ringan yang tidak nyaman datang secara perlahan dan berulang sampai berminggu-minggu dan berbulan-bulan
Bila gejala itu kadang kala dibarengi dengan perut kembung, kembung sembelit atau diare kemungkinan diakibatkan oleh adanya penyakit kronis yakni seperti penyakit celiac, ulcerative colitis, crohn, intoleransi makanan, maag, sindrom iritasi usus dan intoleransi laktosa.

10. Nyeri di perut disertai pusing
Rasa sakit perut disertai dengan sakit kepala tiba-tiba umumnya sering menimpa orang tua terlebih bagi yang mempunyai kebiasaan merokok atau bagi yang mempunyai gejala tekanan darah tinggi. Mungkin hal tersebut diakibatkan oleh aneurisma aorta perut yakni adanya pelebaran aorta yang dapat mengakibatkan pendarahan secara fatal.
Itulah 10 rasa sakit pada perut ini tidak boleh kamu abaikan, segera periksakan ke dokter untuk proses diagnosa dan penanganan sebelum terlambat.

(sukahise)

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Rasa Sakit pada Perut Ini Tidak Boleh Kamu Abaikan"

Posting Komentar