6 Penyebab Utama Sakit Pinggang dan Cara Mengatasi

Beberapa penyebab utama sakit pinggang yang kerap diderita kaum dewasa serta cara efektif mengatasi sakit tersebut secara alami.



Penyebab sakit pinggang - Mungkin anda pernah merasakan sakit luar biasa pada pinggang seperti rasa kesemutan hingga terasa nyeri saat terlalu lama duduk di depan layar komputer untuk bekerja atau sekadar mengerjakan tugas kuliah. Mungkin, anda terkena penyakit yang kerap melanda kaum dewasa atau orang tua yaitu sakit pinggang. Penyebab sakit pinggang adalah struktur tubuh manusia yang tidak lagi mengalami masa pertumbuhan layaknya saat anak-anak atau remaja.

Sakit pinggang bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman saat bergerak dan beraktivitas bahkan bisa mengganggu postur tubuh seseorang akibat pembiaran sakit ini dalam kurun waktu yang lama.

Anda wajib berhati-hati jika sering mengalami kesemutan atau nyeri di bagian tulang belakang.
Berikut ini, kami sajikan 6 penyebab sakit pinggang yang kerap melanda. Serta beberapa cara efektif dalam mengatasi sakit pinggang tersebut.

1. Cedera sendi
Orang yang telah lanjut usia mungkin sering mengalami hal ini karena tekanan dari tulang rawan yang mampu mengubah syaraf tulang belakang. Anda yang sering mengangkat beban berat pun wajib berhati-hati saat bergerak agar tidak terkena cedera pada sendi yang menjadi penyebab sakit pinggang.

2. Penyempitan tulang belakang
Syaraf tulang belakang mendapat tekenan dari tulang belakang itu sendiri yang mengakibatkan rasa nyeri luar biasa.

3. Kelainan postur tubuh
Kelainan tulang belakang seperti terlalu membungkuk ke depan atau ke belakang mungkin bisa jadi adalah bawaan sejak lahir atau memang karena posisi duduk yang salah selama masa pertumbuhan. Masalah kelainan postur tubuh ini bisa menjadi penyebab sakit pinggang yang sering terjadi atau dialami banyak orang. Namun, sebenarnya bisa diatasi jika dapat dideteksi lebih dini.

4. Indikasi penyakit ginjal
Kekurangan cairan bisa menjadi penyebab utama penyakit ginjal sebab ginjal tidak mampu bekerja secara optimal menyaring racun dan menyeimbangkan kadar mineral dan garam dalam tubuh. Tak mengherankan jika seseorang yang terkena penyakit ginjal kerap terserang sakit pinggang yang sangat sakit.

5. Obesitas
Seseorang yang memiliki berat badan di atas normal akan mengalami kesulitan gerak. Berat badan yang terlalu menumpuk mampu memberikan tekanan berat termasuk pada tulang belakang saat beraktivitas hingga menyebabkan rasa nyeri yang sangat hebat pada bagian pinggang.

6. Penyakit osteoporosis
Penyakit satu ini memang kerap dialami kaum wanita saat telah berusia lanjut atau mengalami masa menopause. Kondisi tulang yang mulai rapuh dan lemah tidak seperti saat usia muda. Bisa jadi karena tubuh kekurangan zat kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang khususnya tulang belakang yang bisa menjadi penyebab sakit pinggang kaum wanita.

Cara efektif mengatasi penyebab sakit pinggang adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan setidaknya 6 bulan sekali agar bisa mengetahui riwayat medis kesehatan anda sejak dini, rajin berolahraga untuk menjaga tubuh tetap ideal tanpa adanya penumpukan berat badan, tidak merokok agar nikotin tidak terlalu mengendap pada organ tubuh, tidak minum minuman beralkohol agar kerja ginjal tidak terlalu berat, makan makanan sehat serta menjaga pola hidup yang baik seperti istirahat yang cukup dan berkualitas.

Selain itu, anda juga bisa mengatasi penyebab sakit pinggang dengan membiasakan posisi tidur, duduk atau berdiri yang baik sehingga tulang belakang tumbuh dengan sempurna. Anda juga bisa mengkonsumsi banyak kalsium untuk menjaga kepadatan tulang agar tidak terkena penyakit osteoporosis saat usia lanjut yang menjadi penyebab sakit pinggang yang utama. (sukahise)

loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "6 Penyebab Utama Sakit Pinggang dan Cara Mengatasi"