7 Bahaya Minum Sambil Berdiri yang Wajib Kamu Waspadai

Beberapa bahaya minum sambil berdiri terhadap kesehatan yang wajib diketahui agar terhindar dari dampak negatifnya.


Bagi orang muslim, larangan minum sambil berdiri mungkin sudah terdengar akrab atau tidak asing lagi. Sebab berdasarkan riwayat, Rasulullah pernah melarang seseorang minum sambil berdiri karena memiliki bahaya bagi kesehatan tubuh. Ternyata, ada alasan ilmiah bahaya minum sambil berdiri sehingga semua orang wajib mewaspadai hal tersebut.

Berikut ini 7 bahaya minum sambil berdiri yang wajib anda ketahui jika selama ini masih abai terhadap larangan tersebut.

1. Menyebabkan gangguan pencernaan
Saat anda minum sambil berdiri, tenggorokan akan mengalami penyempitan sehingga air langsung masuk ke dalam perut tanpa melewati dinding usus. Hal inilah yang menyebabkan sistem penggilingan makanan terganggu dan anda kerap merasa mual, nyeri perut dan perut kembung.

2. Menyebabkan gangguan lambung
Bahaya minum sambil berdiri yang lain adalah adanya masalah pada lambung disebabkan spincter yang terkejut dengan adanya tekanan air yang diminum saat berdiri hingga menyebabkan kenaikan asam lambung.

3. Gangguan saluran kandung kemih dan ginjal
Salah satu bahaya minum sambil berdiri yang patut anda waspadai adalah pengendapan seluruh limbah di kandung kemih yang menyebabkan banyak gangguan seperti susah buang air kecil. Hal yang lebih berbahaya bila kerja ginjal menjadi terganggu padahal fungsi utama ginjal adalah menyaring racun dalam tubuh, menghasilkan renin, menghasilkan senyawa vitamin D yang baik untuk tulang dan mengatur kadar mineral dan garam dalam tubuh menjadi terganggu.

4. Rawan terkena atritis
Atritis adalah peradangan pada sendi yang bisa menyebabkan kaku dan pembengkakan disertai rasa sakit yang hebat. Anda akan sulit bergerak jika terkena atritis yang salah satu penyebabnya adalah minum sambil berdiri. Hal ini disebabkan oleh cairan yang masuk menyebar ke mana-mana hingga mengganggu keseimbangan cairan pada sendi tubuh anda.

5. Risiko penyakit jantung
Padahal hal yang mungkin menurut anda sepele, namun bisa menyebabkan penyakit jantung karena terganggunya saraf kelana yaitu saraf kesepuluh dalam otak yang berhubungan erat dengan jantung. Ternyata bahaya minum sambil berdiri mampu mempengaruhi degup jantung loh.

6. Mengganggu keseimbangan tubuh
Saat anda minum sambil berdiri, jaringan saraf pada organ akan tertekan dan dipaksa menstabilkan seluruh keseimbangan tubuh yang tegang. Artinya anda secara tak sengaja memaksa mereka bekerja terlalu keras layaknya mesin. Saraf tubuh yang stress akan berdampak pada koordinasi otot tubuh sehingga bisa mengganggu keseimbangan tubuh anda.

7. Tidak menghilangkan rasa haus
Jika selama ini, anda hanya fokus pada porsi minuman yang perlu anda konsumsi per hari agar terhindar dari dehidrasi, maka sebaiknya anda juga memperhatikan cara meminum yang tepat yaitu dengan duduk dan menyesapnya sedikit demi sedikit. Hal ini berguna untuk menghilangkan rasa haus anda. Berbeda bila anda minum dengan berdiri yang akan membuat rasa haus tidak hilang karena air yang menyebar ke mana-mana atau tidak terserap dengan baik. Minum sambil duduk membuat saraf dan organ pencernaan tenang dan siap menerima air yang masuk dalam tubuh. Jadi, apakah anda mau mengubah gaya minum yang salah setelah mengetahui bahaya minum sambil berdiri?

7 bahaya minum sambil berdiri tersebut perlu anda ketahui dan waspadai untuk menghindari dampak negatif yang ditimbulkan termasuk bahaya penyakit ginjal yang mengintai. Ingat, kesehatan itu mahal. Jangan sampai anda memperburuk kesehatan hanya karena mengabaikan larangan minum sambil berdiri yang memiliki banyak dampak negatif untuk tubuh. Nah, sekarang masih mau minum sambil berdiri?? (sukahise)

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Bahaya Minum Sambil Berdiri yang Wajib Kamu Waspadai"

Posting Komentar