7 Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

"Berikut ini adalah informasi wajib yang perlu Anda ketahui yaitu tentang manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan janinnya berdasarkan kandungan yang terdapat pada susu kedelai"
Ilustrasi Manfaat Susu Kedelai
Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil sudah menjadi perbincangan bagi ahli nutrisi, pasalnya kandungan susu kedelai bukan hanya baik untuk ibu hamil tetapi baik juga untuk perkembangan janin. Walaupun masih banyak susu yang baik untuk ibu hamil seperti susu kambing, susu sapi, susu almond dan susu kacang hijau.

Namun susu kedelai lebih banyak menjadi pilihan, sebab mudah ditemukan dan memiliki harga yang sangat terjangkau. Susu yang berbahan dasar kedelai ini memiliki nutrisi yang cukup kompleks, selain itu cara membuatnya juga sangat mudah, sehingga kita bisa mendapat manfaat susu kedelai kapan saja dan dimana saja.

Walaupun begitu susu kedelai tidak bisa tahan lama, karena proses pembuatannya melalui pasteurisasi. Meski begitu belum banyak ibu hamil yang sadar manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan janinnya, oleh karena itu kita akan berbagi 7 manfaat susu kedelai berdasarkan kandungannya.

Kesehatan Jantung
Susu kedelai memiliki kandungan lemak baik dan tidak mengandung unsur kolesterol, selain itu manfaat susu kedelai sebagai cara untuk mencegah terbentuknya kolesterol, sebab mengandung 2 asam lemak tak jenuh. Kandungan susu kedelai ini bisa menjadi antisipasi lemak jahat dari makanan lainnya.

Hipertensi (Darah Tinggi)
Hipertensi menjadi penyakit yang sangat berbahaya untuk ibu dan janin, selain bisa menyebabkan kelahiran premature. Hipertensi juga bisa membahayakan keselamatan dari ibu dan bayi saat melahirkan. Maka manfaat susu kedelai menjadi solusi yang tepat, sebab mengandung fito-antioksidan, asam omega 6 dan asam omega 3.

Perkembangan Janin
Manfaat susu kedelai bukan hanya baik untuk kesehatan ibu hamil, namun susu kedelai juga membantu perkembangan bagian vital pada janin. Hal ini dikarenakan susu kedelai memiliki banyak protein seperti glisin, treonin, arginin, isoleusin dan lisin. Selain itu ibu hamil juga harus mendapat 40 – 70 mg protein setiap harinya.

Pendarahan Saat Melahirkan
Pendarahan akan terus membayangi ibu hamil, mulai dari awal kehamilan sampai pada saat persalinan. Selain itu resiko mengalami keguguran akan menjadi masalah yang patut dipikirkan. Maka manfaat susu kedelai yang mengandung antioksidan, fitonutrisi, omega 3 dan omega 6 untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

Kognitig Bayi
Memiliki anak yang cerdas tentu menjadi keinginan bagi setiap ibu hamil, oleh karena itu Anda bisa melakukannya sejak masih di dalam kandungan, hal ini menjadi salah satu manfaat susu kedelai. Mengingat susu kedelai mengandung asam omega 3, maka susu kedelai sangat baik untuk perkembangan otak janin.
Bukan hanya itu saja, tetapi system kognitif pada bayi akan terus meningkat lebih maju. Maka buah hati Anda tidak akan bermasalah ketika masuk dalam masa mulai untuk berjalan, mulai berbicara dan masalah lainnya saat bayi mulai beraktivitas.

Kematian dan Cacat Lahir Bayi
Manfaat susu kedelai untuk menurunkan resiko kematian dan cacat lahir pada bayi, sebab susu kedelai mampu mencegah ibu hamil terkena infeksi virus atau bakteri. Hal ini dikarenakan susu kedelai memiliki vitamin E dalam kandungannya, sehingga membantu ibu hamil untuk menyerap nutrisi.

Cacat Tabung Syaraf
Penyakit cacat syaraf umumnya terjadi kepada bayi yang kekurangan asam folat, maka manfaat susu kedelai untuk ibu hamil bisa menjadi nutrisi bagi buah hati saat menjadi janin. Selain itu susu kedelai membantu pertumbuhan sel syaraf untuk ibu dan janinnya.

Efek Samping
Mengingat terdapat kandungan fitoesterogen pada susu kedelai, maka konsumsi susu kedelai secara berlebihan bisa menimbulkan kerusakan estrogen. Oleh karena itu sebaiknya kita lebih bijak dalam mengkonsumsinya.

(sukahise)

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya"

Posting Komentar