7 Penyebab Timbulnya Jerawat Pasir pada Wajah

7 masalah penyebab utama timbulnya jerawat pasir yang sering muncul di wajah seseorang yang perlu diketahui. Berikut ini penjelasannya.




Jerawat sering muncul saat seseorang mengalami masa pubertas  atau peralihan dari remaja menuju dewasa atau pengaruh hormon yang tidak stabil. Seringkali masalah jerawat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dan melakukan segala hal untuk menghilangkan masalah kulit ini. Berbagai perawatan baik herbal, memakai bahan kimia hingga perawatan ekstrem pun dilakukan demi menghilangkan masalah menjengkelkan satu ini.

Salah satu jenis jerawat yang membuat kaum wanita dan pria gelisah adalah jerawat pasir. Yaitu semacam jerawat yang memiliki ukuran sangat kecil dalam jumlah yang banyak dan apabila dipencet akan keluar bintik putih seperti pasir. Penyebab jerawat pasir adalah debu penyebab jerawat, kotoran, wajah berminyak hingga infeksi bakteri propionibacterium acnes.

Penyebab Utama Jerawat Pasir Pada Wajah Secara Khusus

Berikut ini, kami sajikan 7 penyebab jerawat pasir secara detail yang mungkin perlu Anda ketahui.

1. Komedo
Bintik-bintik kecil di wajah yang sangat mengganggu dan kerap muncul di area hidung. Komedo bisa menjadi penyebab jerawat pasir yang disebabkan oleh penumpukan kalenjar minyak pada pori-pori kulit. Sebaiknya Anda mulai rajin membersihkan minyak di wajah atau bisa menggunakan masker alami seperti lemon atau tomat.

2. Sel kulit mati
Bekas jerawat dan paparan sinar matahari setiap hari mampu membuat komedo muncul di wajah. Kondisi wajah yang terlalu banyak memiliki sel kulit mati dan tidak mampu beregenerasi dengan baik akan membuat kuman atau bakteri penginfeksi jerawat pasir berkembang biak sangat cepat.

3. Frekuensi mencuci wajah
Sebaiknya Anda memang tidak terlalu sering mencuci wajah menggunakan sabun pencuci wajah. Sebab gesekan antara kulit tangan dengan wajah bisa membuat komedo teriritasi menjadi penyebab jerawat pasirtimbul di wajah Anda. Selain itu, mencuci wajah terlalu sering bisa membuat kulit wajah semakin tipis.

4. Memencet komedo
Hindari kebiasaan buruk penyebab jerawat pasir ini jika Anda tidak ingin jerawat pasir di wajah semakin banyak disebabkan oleh penumpukan lemak bercampur dengan bakteri di tangan Anda.

5. Salah memilih kosmetik
Salah satu penyebab jerawat pasir yang lain adalah salah memilih kosmetik. Kenali jenis kulit Anda terlebih dahulu sebelum membeli kosmetik. Jika kulit Anda adalah jenis kulit normal kombinasi maka akan riskan jika memilih kosmetik untuk kulit berminyak. Biasakan pula untuk membersihkan sisa make up sebelum pergi tidur. Kotoran akibat make up bisa menjadi penyebab jerawat pasir pula.

6. Konsumsi makanan mengandung lemak dan kadar gula tinggi
Gorengan dan camilan manis tentu sangat nikmat disantap pada sore hari. Namun, kebanyakan jenis makanan yang mengandung lemak dan kadar gula tinggi bisa membuat jerawat pasir semakin banyak. Sisa lemak dan kadar gula yang tidak bisa dicerna bisa menumpuk. Sebaiknya Anda mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi cukup air putih dan makanan sehat seperti buah dan sayuran untuk menjaga kesehatan tubuh serta penampilan tetap prima.

7. Kurang istirahat
Penyebab jerawat pasir yang terakhir adalah kurangnya waktu untuk istirahat atau tidur. Kurang tidur akan membuat kulit menjadi stress hingga memicu timbulnya masalah kulit seperti jerawat pasir yang Anda alami. Pastikan Anda tidur dengan baik minimal 7 jam per hari agar kulit bisa beregenerasi dengan baik.

7 penyebab jerawat pasir tersebut perlu Anda ketahui agar bisa mendapatkan solusi efektif mencegah timbulnya masalah kulit tersebut. Tak ada asap jika tak ada api, bukan? (sukahise)


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Penyebab Timbulnya Jerawat Pasir pada Wajah"

Posting Komentar