8 Jenis Sakit Kepala dan Gejalanya

"Jenis sakit kepala sedikitnya terdeteksi dalam 8 jenis. Setiap jenisnya memiliki gejala dan penanganan yang berbeda. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda"

Ilustrasi Sakit Kepala

Jenis sakit kepala ternyata ada beraneka ragam. Setiap gejala yang menimpa memiliki jenis yang berbeda pula. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahuinya agar mungkin jika Anda dilAnda oleh suatu jenis sakit kepala tertentu Andapun mengetahuinya dan dapat mengambil langkah apa yang bisa digunakan untuk mengatasinya.
Inilah 8 jenis dan macam sakit kepala sekaligus gejala yang menyertainya, simak selengkapnya pada pembahasan berikut ini:
1. Migrain
Migrain merupakan jenis sakit kepala yang paling kompleks. Gejala migrain ditAndai dengan sakit kepala sebelah oleh keadaan neurologis yang diakibatkan oleh adanya reaksi didalam otak secara berlebih. Hal itu bisa mengganggu kepekaan, penglihatan dan menimbulkan rasa mual.

2. Cluster
Sakit kepala cluster adalah sakit kepala yang paling terasa menyakitkan jika dibanding dengan rasa jenis sakit kepala lainnya. Munculnya rasa tersebut bahkan tAnda ditAndai oleh adanya peringatan terlebih dahulu. Rasa tersebut menghasilkan adanya sensasi terbakar yang semakin menusuk bagian kepala.
Para penderita yang mengalaminya bergejala gelisah dan cemas. Daripada berbaring dan merasakan rasa sakit ini, oenderita lebih memilih mondar-mandir untuk meredakannya.

3. Sinus
Rasa dari jenis sakit kepala sinus ini hampir sama seperti saat Anda mengalami infeksi sinus dengan rasa nyeri mendalam yang terus menerus didalam dahi, jembatan hidung dan tulang pipi. Gejala yang dialami adalah seperti pembengkakan yang terjadi di bagian wajah, demam tinggi, telinga  budek dan penyumbatan di hidung. Selain itu, gerakan kepala mendadak juga bisa menjadi penyebab dari rasa sakit yang menimpa.

4. Tension
Tension adalah tingkatan stres yang tinggi. Biasanya hal ini disebabkan oleh faktor kelelahan. Gejala yang menyertainya adalah rasa sesak atau tekanan pada sekitar kepala.

5. Hormonal
Jenis sakit kepala ini sering menyerang kaum wanita yang sedang mengalami perubahan
hormon pada tubuh terlebih saat kehamilan, menstruasi dan menopouse. Selain itu, mengkonsumsi pil KB juga dapat mendorong berubahnya hormon sehingga menjadi penyebab atas serangan jenis sakit kepala yang satu ini.

6. Akut
Jenis sakit kepala akut paling banyak dan paling sering menyerang anak-anak. Gejala yang menandainya adalah rasa sakit kepala secara tiba-tiba lalu lenyap secara perlahan pada waktu yang relatif singkat. Sementara itu, tidak ada gejala neurologis yang mengikutinya.
Alasan utama yang menyebabkan rasa sakit pada jenis sakit kepala akut ini adalah infeksi pernafasan atau sinus. Bawa ke dokter anak jika anak terserang jenis sakit kepala akut ini untuk mendapatkan penanganan khusus.

7. Chronic Progressive
Chronic Progressive juga dikenal dengan nama inflamasi (bengkak / nyeri) atau traksi (penarikan). Jenis sakit kepala ini adalah jenis yang paling jarang terjadi. Serangan rasa sakit kepala berlangsung hanya dalam beberapa waktu saja. Hal yang menjadi penyebab utamanya adalah kelainan otak atau adanya penyakit yang tidak diobati.

8. Mixed tension
Mixed tension dikenal pula dengan transformed migrain dimana terjadi karena adanya kombinasi antara migrain dan jenis sakit kepala tension. Daripada laki-laki, kaum wanita berpotensi memiliki kecenderungan sering diserang. Gejalanya ditAndai dengan rasa sakit kepala di awalnya kemudian diikuti dengan rasa sesak napas.
Itulah 8 macam sakit kepala dan gejalanya. Waspadai jika sakit kepala menyerang karena setiap gejalanya memiliki macam sakit kepala yang berbeda. Jika jenisnya berbeda maka penanganan dan pertolongan serta obat yang diberikan juga akan berbeda pula. (sukahise)


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Jenis Sakit Kepala dan Gejalanya"

Posting Komentar