8 Macam Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Beragam jenis-jenis jerawat bisa mengurangi tampilan anda sehingga anda harus berusaha menghilangkan jerawat demi penampilan anda dan kebersihan wajah.


Masalah jerawat merupakan masalah umum yang sering kali dialami oleh mereka yang kurang memperhatikan kebersihan wajah. Dalam hal ini, tindakan pembersihan wajah setelah melakukan berbagai kegiatan di luar sudah selayaknya dilakukan demi menghindarkan diri dari adanya jenis-jenis jerawat. Tanpa adanya tindakan pencegahan yang demikian ini, anda akan mendapati kulit wajah yang menjadi lebih kusam dan kurang menarik. Untuk itu, akan lebih baik jika anda terlebih dahulu memahami jenis-jenis jerawat yang diikuti dengan solusi permasalahannya.

1. Jerawat model yang biasa
Salah satu jenis-jenis jerawat yang sering kali muncul pada permukaan wajah adalah jenis jerawat biasa yang disebabkan oleh adanya penutupan pori-pori wajah karena kotoran ataupun minyak yang berlebih. Dengan warnanya yang putih kemerahan dan disebabkan oleh bakteri propionibacterium, anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan berbagai bahan alami seperti halnya jeruk nipis ataupun putih telur.

2. Jerawat batu
Satu dari jenis-jenis jerawat yang lain dikenal dengan sebutan jerawat batu. Jenis jerawat yang memiliki ukuran besar dengan diikuti adanya peradangan ini sangatlah menyakitkan. Jenis jerawat yang dikenal dengan sebutan cystic acne ini sering kali meninggalkan bekas pada wajah. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsultasikan hal yang demikian ini pada dokter kulit, sehingga anda akan mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

3. Jerawat komedo
Jerawat komedo merupakan jenis-jenis jerawat yang disebabkan oleh adanya permasalahan kulit yang berminyak. Secara umum, jenis jerawat ini dibagi menjadi dua, yaitu jenis terbuka dan tertutup. Untuk jerawat tertutup memiliki tampilan tonjolan putih pada ujungnya sedangkan jerawat terbuka memiliki warna kehitaman dengan bentuk yang lebih besar.  Cara mengatasi masalah ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan putih telur yang dijadikan sebagai masker.

4. Jerawat juvenile
Permasalahan hormone memang menjadi masalah utama munculnya jerawat yang dikenal dengan sebutan jerawat juvenile. Satu dari jenis-jenis jerawat yang ada ini sering kali dialami oleh mereka yang sedang mengalami masa pubertas atau sekitar usia 14-20 tahun. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan sabun muka yang kandungan pH nya seimbang.

5. Jerawat vulgaris
Jika anda mengalami permasalahan komedo, kini saatnya anda harus waspada terkait dengan jenis-jenis jerawat yang dikenal dengan sebutan jerawat vulgaris. Dengan tampilannya yang ditandai dengan adanya letusan atas jerawat sehingga menyebabkan terjadinya pengelupasan sel kulit. Sering kali jerawat ini ditemukan di masa remaja dan akan terus muncul sampai dewasa. Di lain sisi penyebab jerawat ini bisa saja kosmetik, gangguan hormonal. Cara mengatasi jerawat ini adalah dengan mengontrol produksi minyak berlebih yang dilakukan atas saran dari ahli dermatologi.

6. Jerawat rosacea
Kalau anda merasa sebagai wanita yang berusia 30-50 tahun, pastinya anda akan mengenal jenis-jenis jerawat yang dikenal dengan sebutan jerawat rosacea. Jenis jerawat ini bisa menyebabkan peradangan dengan warna yang kemerahan. Sebagai solusinya, anda bisa memanfaatkan kompres air panas.

7. Jerawat nitrosica
Untuk jenis-jenis jerawat yang paling parah adalah jerawat nitrosica yang notabene merupakan jerawat yang memiliki resiko atas munculnya lubang pada permukaan wajah. Oleh sebab itu, akan sangat diperlukan penanganan dari dokter kulit dengan memanfaatkan layanan mikrodermabrasi ataupun laser guna menghilangkan jerawat ini.

8. Jerawat conglobata
Pada hakikatnya, jenis jerawat ini sering kali ditemukan pada pria yang berusia 18 hingga 30 tahun. Secara sekilas, jerawat ini muncul dengan ditandai adanya peradangan yang membesar dan menyambung. Jenis jerawat ini banyak ditemukan pada bagian punggung, lengan ataupun paha. Untuk mengatasinya bisa mengunjungi ahli dokter kulit.

Ada jenis-jenis jerawat yang memang harus diantisipasi guna menghindarkan adanya dampak negatif atas hilangnya percaya diri. Dalam hal ini, anda harus mengenal ragam jenis jerawat berikut dengan solusinya. Dengan cara ini, anda akan mengetahui jenis jerawat apa yang anda alami sehingga anda sekaligus bisa menemukan pengobatannya. (sukahise)


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Macam Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar