Tipe Sakit Kepala Apa Yang Anda Alami? Simak Penjelasannya

Sakit kepala adalah jenis penyakit yang umum dialami setiap orang. Sakit kepala memiliki jenis yang bermacam-macam. Mengetahui jenis-jenis sakit kepala ini sangat penting agar penanganannya lebih tepat dan efisien.


Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang umum menyerang pada siapa saja. Setiap orang pasti pernah terserang penyakit ini. Penyakit ini bisa datang kapan saja dan dimana saja. Meskipun anggota tubuh Anda dalam keadaan fit, namun sakit kepala masih bisa menyerang. Dan bukan hanya orang dewasa saja yang bisa terserang, anak-anak pun bisa terkena penyakit ini.

Sakit kepala sangat mengganggu bagi siapa saja yang terserang. Pekerjaan menjadi tidak fokus dan belajar pun jadi hilang konsentrasi. Sakit kepala memiliki banyak jenisnya. Untuk mengatasinya Anda perlu mengetahui jenis sakit kepala apa yang Anda alami sehingga untuk penanganannya pun bisa lebih tepat.

Banyak orang yang mengelukan karena sakit kepala yang tak kunjung mereda. Hal itu bisa juga disebabkan karena perawatan yang salah karena tidak tahu tipe sakit kepala yang ia alami. Dan kebanyakan orang menganggap enteng sakit kepala sehingga hanya membeli obat biasa di apotek ataupun warung biasa. Padahal petunjuk dokter juga sangat penting untuk mendiagnosa.
Oleh karena itu, perlu Anda ketahui informasi mengenai jenis sakit kepala agar penanganannya pun bisa lebih tepat dan efisien.

1. Migrain
Jenis sakit kepala yang paling sering menyerang orang pada umumnya adalah migrain. Migrain juga sering disebut sakit kepala sebelah. Karena migrain terjadi di daerah tertentu saja. Migrain bisa disebabkan karena faktor dari luar tubuh, seperti stress yang berlebihan, faktor hormon, cuaca dan terkadang juga mengkonsumsi makanan tertentu.

Migrain memiliki gejala seperti mata berkunang-kunang, gangguan pada pencernaan seperti mual dan muntah, nafsu makan berkurang, sensitif terhadap cahaya, bau yang menyengat dan suara dan juga rasa nyeri yang hebat seperti ditusuk-tusuk.

Untuk mengatasi migrain, luangkanlah waktu sejenak untuk beristirahat. Karena otak juga perlu istirahat seperti tubuh kita. Atur pola hidup kita agar lebih teratur. Segera minum obat ketika gejala migrain mulai muncul.

2. Tension
Tension bisa terjadi karena faktor tekanan dari luar tubuh. Pada umumnya penyakit ini dialami oleh orang-orang yang kebanyakan duduk sehingga otot leher dan kepala menjadi tertarik dan menegang. Tension lebih sering terjadi pada wanita.
Tension tidak memiliki begitu banyak gejala. Hanya rasa nyeri yang muncul di sekitar area alis, dahi dan kepala. Jadi Anda tidak begitu terganggu saat tension ini menyerang.  

3. Cluster
Cluster lebih sering menyerang kaum pria dari pada wanita. Cluster muncul dengan gejala hidung tersumbat dengan disertai keluar air mata dan perasaan gelisah yang tiba-tiba. Cluster terjadi secara periode dan terulang-ulang pada jangka waktu tertentu ketika bangun tidur.
Cluster disebabkan oleh konsumsi rokok dan alkohol yang berlebihan. Penyakit ini mudah diatasi, namun juga bisa menjadi gejala munculnya penyakit lain seperti stroke.

4. Tumor
Sakit kepala karena tumor bisa terjadi pada seluruh kepala. Gejalanya terlihat seperti infeksi telinga, rematik, kejang-kejang, tubuh terasa lemas, terjadi gangguan penglihatan dan rasa nyeri yang hebat di seluruh bagian kepala.

5. Neuralgia
Jenis sakit kepala yang satu ini jarang terjadi dan lebih sering menyerang laki-laki. Neuralgia terjadi pada leher dan kepala bagian atas akibat arteri yang menekan saraf. Penderita neuralgia biasanya mengalami kesulitan mengunyah, menelan, menguap, menelan disertai bersin dan batuk.

6. Infeksi
Meningitis menjadi infeksi yang berbahaya yang menyerang kepala. Gejala yang sering muncul ialah nyeri kepala dan tenggorokan yang sangat hebat, badan menjadi kaku, demam dan muntah-muntah. Jika gejala ini mulai muncul segera hubungi dokter agar segera diatasi.(sukahise)



loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe Sakit Kepala Apa Yang Anda Alami? Simak Penjelasannya"

Posting Komentar